Senin, 01 Oktober 2018

Perbedaan Ilmu Grafik Komputer & Pengolahan Citra

          Di zaman modern ini, kita tidak akan terlepas dari teknologi yang sudah menjadi kebutuhan manusia. Salah satu kecanggihan teknologi yang dapat kita temui di berbagai bidang yaitu ilmu grafik komputer dan pengolahan citra. Mungkin banyak yang belum mengetahui pengertian dari ilmu grafik komputer dan pengolahan citra itu sendiri dan bagaimana penerapannya di kehidupan sehari-hari. Mari kita bahas perbedaan antara ilmu grafik komputer dan pengolahan citra beserta penerapannya :

1. Grafik Komputer

           Ilmu Grafik Komputer atau grafika computer (computer graphics) merupakan bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafik komputer berawal dari grafikakomputer 2D yang berkembang menjadi grafik komputer 3D.
       Ilmu komputer mempunyai dua cabang ahli yaitu pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).  Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Bagian dari grafik komputer, yaitu :
  1. Geometri :  mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
  2. Animasi :  mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
  3. Rendering :  mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
  4. Citra (Imaging) :  mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Contoh penerapan grafik komputer dalam kehidupan sehari – hari :
1. Bidang hiburan : film animasi. Contoh dalam sebuah film animasi seperti Toy Story.
Hasil gambar untuk toy story

2. Bidang Pendidikan : untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
Hasil gambar untuk ppt

3. Bidang Seni : Computer Art. Hasilnya dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.

4. Bidang Hiburan : Video Game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi 2 dimensi seperti tetris dan 3 dimensi seperti game sepakbola Winning Eleven, CS GO, DOTA, Mobile Legend, PUBG, dll.

Gambar terkait

5. Computer-Aided Design (CAD) : alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dan desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD digunakan dalam mendesain bagunan, mobil,pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh Gambar Auto CAD

Hasil gambar untuk auto cad

Contoh penerapan ilmu grafik komputer lainnya yaitu :
  • Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
  • Virtual Reality (VR)
  • Visualisasi Data


2. Pengolahan Citra

      Pengolahan Citra (Image Processing) merupakan proses memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer. Teknik pengolahan citra dilakukan dengan mentransformasikan citra/gambar menjadi citra lain. Pengolahan citra merupakan proses awal (preprocessing) dari komputer visi yang dilanjutkan dengan pengenalan pola. Citra ada 2 macam, yaitu :
  1. Citra Kontinyu. Dihasilkan dari sistem optik yang menerima sinyal analog. Contoh: mata manusia, kamera analog.
  2. Citra Diskrit/Citra Digital
Contoh pengolahan citra dalam kehidupan sehari – hari :
1. Bidang kesehatan : untuk rontgen tubuh manusia, USG, dll.
Gambar terkait

2. Bidang visual : untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera, dll.
Hasil gambar untuk gps

3. Bidang Kedokteran : Mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail sangat kecil (hingga 2.000.000 kali). Mikroskop elektron berfungsi untuk mengindentifikasi organel dalam sel, diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile, dll.

4. Teknologi Pengaman. Contoh : pemanfaatan sidik jari, iris, wajah dan biometrika yang lainnya untuk sistem identifikasi seseorang.
Hasil gambar untuk sidik jari

            Jadi, perbedaannya adalah dalam grafik komputer dilakukan proses untuk menghasilkan suatu gambar dari awal dengan menggunakan grafika komputer 2D yang berkembang menjadi grafika komputer 3D. Sedangkan pengolahan citra, dilakukan proses memperbaiki kualitas citra/gambar yang sudah ada sehingga mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer dengan melakukan transformasi suatu citra menjadi citra baru yang lain.


Referensi :
  • https://satriormdhn14.wordpress.com/2015/11/22/perbedaan-antara-ilmu-grafik-komputer-pengolahan-citra/ 
  • http://eganrad25.blogspot.com/2016/10/penerapan-grafik-komputer-pengolahan.html
  • http://muhammadfahmir.blogspot.com/2016/10/contoh-implementasi-grafika-komputer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar